Home / Berita / Pengadilan Agama Klungkung Merilis Aplikasi E – Panjar

Pengadilan Agama Klungkung Merilis Aplikasi E – Panjar

Ketua PA Klungkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H. saat merilis aplikasi E-Panjar 

Klungkung|pa-klungkung.go.id

Ketua Pengadilan Agama Klungkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H. secara resmi Merilis Aplikasi Berbasis Web Eelektronik Panjar Biaya Perkara “E – Panjar” di PA Klungkung. Jumat (16/11/2018). Ketua memberikan apresiasi atas keberhasilan PA Klungkung yang mampu menciptakan inovasi baru dalam pemanfaatan teknologi di bidang informasi.

Pengadilan Agama Klungkung turut melakukan pembenahan infrastruktur yang mendukung pelayanan informasi publik dalam hal pelayanan informasi biaya perkara melalui aplikasi berbasis website.  

Dengan adanya peningkatan informasi biaya perkara melalui E-Panjar  yang disediakan pada website, maka masyarakat pada umumnya atau para pencari keadilan dapat dengan mudah memperoleh informasi biaya perkara dari tempat tinggalnya tanpa harus datang ke kantor pengadilan untuk menanyakan jumlah biaya perkara yang harus dibayarkannya, sehingga dapat lebih efektif dan efisien  menghemat biaya, waktu  dan tenaga. Meskipun pada dasarnya masyarakat yang jauh tempat tinggalnya dengan Kantor Pengadilan Agama Klungkung dapat saja menggunakan telepon untuk menghubungi bagian informasi pengadilan, namun hal tersebut tetap membutuhkan biaya lebih mahal dibanding paket data dan di era modern ini masyarakat lebih mengoptimalkan pemanfaatan paket data atau internet dibanding telepon, apalagi internet sudah merambah ke desa-desa.

E-Panjar adalah aplikasi yang dibuat bertujuan memudahkan masyarakat khususnya para pencari keadilan untuk menghitung panjar biaya perkara secara mandiri atau mengetahui biaya yang dikeluarkan jika ingin mendaftarkan perkara (berperkara) di pengadilan dan dapat diakses oleh semua pengguna tanpa harus mendatangi kantor pengadilan. Selain itu aplikasi E-Panjar mampu meningkatkan keterbukaan informasi dan layanan publik serta dapat mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PA Klungkung menyampaikan harapannya, “Saya berharap kedepanaya aplikasi E-Panjar dapat diterapkan pada Pengadilan lainya, karena sangat membantu bagi masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah memperoleh informasi biaya perkara dari tempat tinggalnya tanpa harus datang ke kantor pengadilan”. (hr-pangin)