Seputar Peradilan

Home / Berita / Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di PA Klungkung

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di PA Klungkung

Foto bersama Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (tiga dari kiri) dengan Ketua PA Klungkung Ruslan, S.Ag, S.H., M.H. (tiga dari kanan) bersama Ketua PN Semarapura, Kepala Kejaksanaan Negeri Klungkung, Komandan Kodim 1610 Klungkung, dan Kepolisian Resor Klungkung

Klungkung|pa-klungkung.go.id

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan pemerhati peradilan, salah satu tahapan untuk mendorong adanya satu perubahan di lingkungan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Pengadilan Agama Klungkung melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada, Rabu 27 Februari 2019. Hadir dalam acara tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Ketua PA Klungkkung Ruslan, S.Ag., S.H., M.H., Ketua PN Semarapura Ayun Kristianto, S.H., M.H., Kajari Klungkung Otto Sompotan, S.H., M.H., Kepala Kepolisian Resor Klungkung AKBP. I Komang Sudana, Komandan Kodim 1610 Klungkung Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon, dan para Ketua PA sewilayah Bali.  

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang nanti akan ditandai dengan Penandatanganan Piagam yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Peraturan Menteri PAN&RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pembangunan zona integritas ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan kepercayaan stakeholder dan seluruh masyarakat terhadap Pengadilan Agama Klungkung. Dengan pembangunan zona integritas, maka pelaksanaan kegiatan Pengadilan Agama Klungkung akan dilakukan secara lebih terbuka dan dipublikasikan secara luas, sehingga semua pihak dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan bahkan berperan serta di dalamnya, khususnya di dalam pelaksanaan reformasi birokrasi serta pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyambut baik dengan penyelenggaraan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilaksanakan oleh PA Klungkung. Bupati berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial semata, hal terpenting adalah implementasi setelah acara ini, ia mengingatkan berapa banyak kepala daerah dan aparatur hukum yang terjerat kasus korupsi, untuk itu Bupati menghimbau kepada seluruh jajaran pemeritahan di Kabupaten Klungkung dan unsur FORKOPIMDA bersama-sama menciptakan pemeritahan yang bersih bebas dari praktek-praktek korupsi. Lebih lanjut lagi Bupati juga berharap terjalinnya koordinasi semua pihak dengan pemerintah daerah.    

Sementara itu Ketua PA Klungkung dalam sambutannya menyampaikan “Zona Integrasi merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi, sebagai aparatur harus merubah pola pikir dan sikap dari yang jelek kepada yang baik. Zona Integritas dimaksudkan bahwa kami sebagai pegawai Pengadilan Agama Klungkung berkonsisten dan bertekad dengan teguh untuk bekerja dan memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat Klungkung. Zona Integritas ini pula dilaksanakan dalam rangka kontrol sosial masyarakat Kabupaten Klungkung terhadap PA Klungkung dalam menjalankan TUPOKSInya”. (hrpangin).