Seputar Peradilan

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Klungkung, Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, serta Para Pegawai Pengadilan Agama Klungkung mengadakan rapat yang agendanya membahas Laporan Tahunan untuk tahun 2019 yang diberikan dead line oleh Mahkamah Agung RI hingga tanggal 30 November 2019 artimya minggu ini adalah pekan terkhir laporan tahunan harus sudah dirampungkan dan sudah diterima oleh Mahkamah Agung RI.

Dalam agenda penyelesaian tahunan laporan tahunan Kasubag Perencanaan T.I dan Pelaporan Bapak Rudi Haryadi, S.Kom memaparkan progres laporan tahunan hingga hari senin 23 November 2019, selain itu Kasubag Pelaporan juga memaparkan cara pengisian SIPP dalam rangka penyelesaian dan monitoring kesesuaian laporan tahunan pada aplikasi SIPP, secara keseluruhan laporan perkara sudah hampir rampung tinggal menunggu perkara yang sidang hingga pekan ini. Di samping laporan pada bagian perkara Kasubag I.T juga menyampaian progres laporan di bagian kesekretariatan yang menurutnya Jumat 29 November 2019 sudah bisa rampung semua, sedangkan secara keseluruhan progres laporan tahunan sudah mencapai di atas 50%.

Di samping membahas laporan tahunan, agenda rapat kali ini juga membahas Monitoring APM hasil Surveilance, dalam laporannya ketua TPM Nurrahmawaty, S.H.I menyampaikan bahwa semua temuan oleh tim surveilence ekstrenal sudah ditindaklanjuti dan sudah selesai progresnya bisa dipantau dalam dokumen telusur.

Terkait Sosialisasi 9 APLIKASI BADILAG Ketua menyampaikan hasil pembinan dan sosialisasi oleh Direktur Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., yang diadakan di Bima Nusa Tenggara Barat pada tanggal 21 hingga 23 November 2019. Dalam sosialisasi dipaparkan oleh operator yang dalam hal ini adalah Kasubag T.I, bagaimana maksud dari 9 aplikasi Dirjen Badilag serta bagaimana cara login, cara daftar, cara pengoperasiannya serta cara menjalankan 9 aplikasi ini. Sekedar diingatkan lagi bahwa 9 aplikas itu terdiri dari:

  1. Aplikasi notifikasi perkara
  2. Aplikasi produk pengadilan
  3. Aplikasi antrian sidang
  4. Aplikasi basis data terpadu kemiskinan
  5. Apliaksi command center
  6. Aplikasi pnbp
  7. Aplikasi e-Eksaminasi
  8. Aplikasi e-Register
  9. Aplikasi e-Keuangan Administrasi

Setelah mempelajari secara singkat tentang 9 aplikasi Badilag, seluruh pegawai Pengadilan Agama Klungkung menyadari tentang manfaat dari 9 aplikasi tersebut, sehingga semakin ingin memperdalam pengetahuan tentang 9 apliaksi terebut. (el-Barry)