LOGO WEB PA KLG

Written by Wiwin Sutini, S.Sy on . Hits: 208

FOCUS GROUP DISCUSSION PENELITIAN PEDOMAN PENYUSUNAN KEBIJAKAN MAHKAMAH AGUNG RI

FGD 1

Bertempat di Courtyard by Marriot, Bali Nusa Dua, Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Klungkung mengikuti acara Focus Group Discussion tentang Penelitian Pedoman Penyusunan Kebijakan Mahkamah Agung. Kegiatan yang dilakukan pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 ini dihadiri oleh para narasumber yaitu Hakim Agung Kamar tata Usaha Negara (TUN) Mahkamah Agung RI Dr. H. Yodi Martono W, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar H. Mohammad Hatta, S.H., M.H., Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI Dr. Sobandi, S.H., M.H., Direktur Pengundangan, Penerjemah dan Publikasi Peraturan Perundang-Undangan Kemkumham Ardiansyah, S.H., M.H., Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Dr. Putu Gde Arya Sumertha Yasa, S.H., M.Hum. Acara ini juga turut dihadiri oleh beberapa peserta yakni Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Denpasar, para Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama dan hakim pada lingkungan empat peradilan Wilayah Provinsi Bali. Hadir pula Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.H., yang membuka kegiatan diskusi tersebut.

Kepala Puslitbang Kumdil Dr. H. Andi Akram S.H., M.H., selaku Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa pembentukan kebijakan Mahkamah Agung sebetulnya telah diatur dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 57/KMA/SK/IV/2016 tentang Pedoman Penyusunan Kebijakan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Surat keputusan tersebut merupakan perubahan dari Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung sebelumnya yakni Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 271/KMA/SK/X/2013 2016 tentang Pedoman Penyusunan Kebijakan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Namun pada surat keputusan yang baru tersebut belum mengatur tentang program legislasi secara umum, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dan evaluasi, maka dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan kepada pimpinan Mahkamah Agung RI sehingga menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

DR. Riki Perdana Waruwo sebagai Koordinator peneliti juga menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan oleh para peneliti ini diselenggaran di 5 (lima) kota besar di Indonesia termasuk Bali guna mendapatkan masukan-masukan terhadap objek penelitian dari kelompok akademisi, para Pimpinan, para hakim Tinggi dan Hakim tingkat pertama di empat lingkungan badan peradilan di bawah Mahkamah Agung RI. Dan hal ini merupakan bentuk Komitmen Puslitbang Mahkamah Agung RI untuk tetap melanjutkan berbagai penelitian pada Tahun 2021 disesuaikan dengan situasi dan kondisi terkini dari Pandemi Covid-19. Harapan dari para peneliti bahwa hasil dari kegiatan penelitian ini nantinya dapat optimal dan memberikan sumbangsih bagi pembaruan penyusunan kebijakan-kebujakan pada Mahkamah Agung RI. (WinSut)

FGD 2

FGD 3

FGD 4

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Klungkung

Jl Raya Takmung 88 Tojan

 

Tautan Aplikasi

© 2020 Pengadilan Agama Klungkung